Selasa, Februari 03, 2009

Rindu ini...

Rindu ini… entah sejak kapan adanya.. mungkin sejak aq belum terlahir di dunia..
Aq yakin rindu itu juga ada pada diri setiap saudara2 q seiman.. sejak dulu sampai sekarang..
Rindu itu nyata adanya.. kadang meredup tapi terkadang begitu menggelora..

Aq punya rindu itu… entah sejak kapan.. yg tercatat dalam catatan memori q, hanya sepenggal kenangan masa kecil… saat umur q belum genap 7 tahun.. tahun 1992 aq merasakan rindu itu.. aq masih mengingatnya.. betapa aq juga ingin ke sana, saat kedua orangtua q menuntaskan rindu mereka ke sana..
Saat itu.. aq menghitung2 kapan aq bisa ke sana.. jika aq menabung 1000 rupiah sehari.. berapa lama aq bisa sampai ke sana… aq lupa hasil hitungan q saat itu, yang q rasakan adalah waktu yang sangat lama…
Ternyata hitungan Allah jauh lebih canggih dari hitungan manusia..

Rindu itu q rasakan terus sepanjang hidup q.. kadang melemah.. kadang menguat.. menhentak dalam sanubari q..

Masih q ingat saat kami sekeluarga ada di Ilung.. di luar rumah, orang2 ribut.. “ada rombongan Haji shalat di mesjid”.. yah.. waktu itu jemaah Haji KalSel masih ikut embarkasi Balikpapan, jadinya melewati Ilung.. dan saat itu ada rombongan haji dari banjarmasin yang shalat di mesjid Ilung.. kami berlarian keluar rumah, ingin melihat para tamu Allah.. rindu itu pun q rasa bependar kuat dalam hati q ketika melihat wajah2 penuh kerinduan di depan mata q… saat itu, Vita, sepupu yang sebaya dengan q, bilang klo dia merinding..
“klo merinding, artinya sebentar lagi akan berangkat..” jelas salah seorang acil q saat itu.
Ah.. kenapa.. aq tidak merinding juga… yang pasti tidak lama setelah itu, Vita menikah dan menuntaskan rindu nya..

Aq rindu.. rindu sekali… rindu itu semakin menjadi-jadi seiring usia q yang terus bertambah.. mungkin krn kerinduan itulah.. setiap aq Ulang Tahun saat aq menuliskan target2 hidup.. aq selalu memasukkan kerinduan q dalam catatan target itu.. kadang ketika aq membaca peluang target2 itu terlaksana.. aq terpaku pada kerinduan itu.. bisakah?? Bisik hati q.. saat itu selalu ada keyakinan.. bahwa Allah Maha Kaya.. rindu q bergelora lagi…

Dalam sebuah kesempatan teman2 bicara tentang keinginan mereka ke luar negeri.. aq menyimak.. bunga sakura di jepang, keliling eropa, jalan2 ke Australia, menara Eiffel di paris.. karna aq rindu, aq menyebut sebuah negera di mana kerinduan q ada di sana.. teman2 malah menyahut “ yah.. yanti.. klo itu semuanya juga pengin..”
Ah.. ternyata rindu itu juga milik mereka… milik qta semua…

Aq rindu… rindu q semakin menjadi… saat pendar cahaya yang memuarakan rindu itu semakin terang.. aq tetap berdoa.. tetap meminta undangan itu padaNya.. “Rabb.. undang hamba menjadi tamuMu..”
Yah.. aq rindu.. aq rindu ke tanah suci… aq rindu melihat Ka’bah.. aq rindu bersujud di Masjidil Haram.. aq rindu ziarah ke makam idola q tersayang.. terlebih aq rindu… aq rindu menjadi Tamu Allah.. keren sekali sebutan itu.. Tamu Allah.. Rabb… aq rindu..

Tahukah kawan.. saat aq bisa hadir di sana.. menyaksikan, mengalami, merasakan episode-episode terpenting dalam hidup q… melalui suatu senja yang sangat indah di Arafah… tuntaskah rindu ini…??
Ternyata tidak.. aq semakin rindu….
Hingga q minta pada Nya.. saat q rasa rindu itu semakin rindu…
“Ya Allah… janganlah Engkau jadikan waktu ini saat terakhir bagiku dengan rumah-Mu.. kembalikanlah aq ke Ka’bah ini dan berilah aq rizki untuk mengulanginya berkali-kali.. sekiranya Engkau jadikan bagiku masa terakhir, maka gantilah surga untukku, dengan Rahmat-Mu..”
doa itulah yang juga di minta oleh jutaan tamu Allah yang lain saat Thawaf Wada…

1 februari 2009..
Aq masih rindu…

Tidak ada komentar: